Menyambung postingan sebelumnya…lanjuuut

Sate Ambal

Sate Ambal berasal dari Kebumen, di daerah jalur pantai selatan Jawa. Kalo dari Jalan Raya Kebumen masih masuk ke dalam sekitar 10 km menuju ke arah pantai. Atau ada jalur baru seh dari arah Purwokerto ke Jogja yang dikenal dengan Jalan Daendels, jalan ini ada di pinggir pantai selatan. Cuma memang jalanan ini masih sepi dan rawan dengan perampokan. Nah klo lewat Jalan Daendels ini langsung deh begitu masuk area Kebumen, kelihatan tuh warung sate ambal di sepanjang jalan Kebumen.

Nah di sepanjang jalan itu ada beberapa warung sate ambal, tinggal pilih aja. Kalo aku dan keluarga lebih suka di tempat Pak Solikhin, karna katanya dialah yang mendirikan sate ambal pertama kali di tempat tsbBanner Sate Ambal

Sate Ambal ini adalah sate ayam. Yang membedakan dari sate ayam yang lain adalah bumbunya. Bumbunya bukan terbuat dari kacang melainkan terbuat dari tempe. agak aneh ya? Tapi enak lo ada rasa2 kencurnya dan sedikit pedas, bisa dilihat dari warnanya yang merah ( nyaaaam..)bumbu sate

Sate ayam sendiri 1 tusuk terdiri dari 4-5 potong daging yang besar2. Kalo kita pesan 1 porsi kita akan dapat 20 tusuk sate dan satu mangkuk bumbunya.1 porsi sate

Disini kita bisa pilih mau pake nasi atau ketupat. Cara makannya taruh sate di atas ketupat atau nasi kemudian disiram dengan bumbunyasate ambal

Sate Ambal di Kebumen ini, karna banyak penjualnya maka dibikinlah asosiasi penjual Sate Ambal. Mungkin untuk menghindari penjual yang nakal yang menaikkan atau menurunkan harga seenaknya sehingga menjatuhkan penjual yang lain. Oh ya kadang klo pas masa liburan rame banget jadi kadang jam 4 aja udah pada tutup karna habisdaftar harga

to be continued…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: