Tetralogi Andrea Hirata

Mulanya sering dengar sih nama Andrea Hirata disebut2, hanya aku kurang berminat membaca karyanya. Kemudian saat mau liburan panjang dan hanya menghabiskan waktu di rumah, aku memutuskan untuk membaca salah satu karyanya, Sang Pemimpi. Waktu membaca bab 1-nya, aku berpikir kata2nya rada susah, sedikit membosankan, dan ada kata2 istilah yang kurang kumengerti. Tapi begitu sampai bab ke dua, tak bisa berhenti membacanya. Kuselesaikan 1 novel itu dlm dua hari. Rekor buat aku ^^. Meski sebenarnya aku  rada terbalik seh, aku baca buku keduanya baru pertamanya.

Kemudian saat salah satu karyanya difilmkan aku sedikit ingin tahu seperti apa seh ceritanya. Setelah menonton filmnya, Laskar Pelangi, aku tertegun. Ceritanya sederhana namun menggugah, betapa kekuatan mimpi itu mampu membuat seorang anak dari pulau kecil bisa sampai ke Perancis mengejar cita2nya. Tetralogi Andrea Hirata terdiri dari 4 buku :

  • Laskar Pelangi ; bercerita tentang kehidupan Ikal di Belitong dan pengalaman masa kecilnya bersama teman2 dan guru yang menginspirasi hidupnya.
  • Sang Pemimpi ; bercerita tentang Ikal, sepupu dan satu temannya berjuang untuk sekolah dan bekerja, serta perjuangan mereka untuk merantau dari Belitong sampai ia mendapatkan beasiswa ke Perancis
  • Edensor ; bercerita tentang perjalanan Ikal di Perancis, pencarian jati dirinya dan cinta
  • Maryamah Karpov ; sementara belum beredar

Yang bisa kupetik dari cerita ini adalah semua orang itu harus punya mimpi dan usaha untuk membuat mimpi itu nyata.

Two thumbs up deh ^^

Leave a Reply

