Persiapan pernikahan

Namanya juga sekali seumur hidup, moment pernikahan tentu paling ditunggu-tunggu (apalagi oleh cewek neh). Persiapan dilakukan jauh jauh hari supaya mendapatkan pesta pernikahan impian yang sempurna. Idealnya sih persiapan pernikahan ini dilakukan 12 – 6 bulan sebelum hari H, sehingga sang calon pengantin tidak terlalu kecapekan waktu di hari H-nya. Setelah membaca artikel2 tentang persiapan pernikahan, secara garis besar saya merangkumnya

 

Berikut adalah checklist secara garis besar dalam mempersiapkan perkawinan:

· Mempersiapkan dokumen dokumen yang akan digunakan untuk mendaftarkan di catatan sipil.

· Mengikuti KPP (Kursus Persiapan Perkawinan) jika perkawinan dilakukan secara katolik; Kursus ini diambil maksimal 6 bulan dari tanggal perkawinan. Caranya yaitu mendaftar di Gereja ybs. Untuk wilayah Jakarta, kursus diadakan setiap bulan dan di gereja-gereja yang berbeda untuk setiap bulannya. Jadwal dan persyaratannya bisa didapatkan di paroki masing-masing. Biasanya kursus diadakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu.

· Memesan vendor untuk pesta pernikahan (jika ingin diadakan) ; Mulai browsing di internet dan mencermati comment dari beberapa orang yang memakai vendor tersebut. Kalau perlu bergabunglah di milis atau group khusus calon pengantin (misalnya Weddingku.com ) untuk berbagi informasi dengan calon pengantin lainnya. Jangan lupa menanyakan secara detil service yang ditawarkan oleh vendor tersebut. Bandingkan dengan hasilnya, karena bagaimanapun juga, ada harga ada kualitas.

· Persiapkan acara adat; Jika ingin memakai acara adat persiapkanlah pernak-perniknya. Contohnya : adat Jawa maka yang perlu disiapkan adalah acara siraman, pernak pernik sebagai syarat adat, midodareni. Untuk acara adat kita bisa meminta bantuan dari tetua keluarga.

· Foto Pre-Wedding; Foto pre-wedding belakangan mulai marak, ada berbagai macam guna foto pre wedding ini. Ada yang hanya sebagai koleksi pribadi, untuk dipakai di kartu undangan, atau untuk dipajang waktu resepsi. Untuk menghemat budget, kita bisa meminta tolong pada teman yang jago motret. Tapi jika punya budget berlebih, tentu bisa saja memakai jasa fotografer professional.

· Pilihlah tema pernikahan; Pernikahan yang bertema tentunya lebih berkesan untuk tamu yang hadir. Tema tsb bisa dihadirkan lewat warna dominan dalam pernikahan. Misalnya : warna ungu dan silver untuk dekorasi, baju pengantin, undangan dan souvenir, mau memakai bunga apa untuk dekorasinya?

· Memesan kartu undangan; Kartu undangan baiknya dipesan H-3 sehingga masih sempat untuk mengirimkannya pada keluarga jauh. Jika kartu undangan menggunakan foto, maka pastikan sudah melakukan foto pre-wedding dan memilih foto mana yang akan dicetak di kartu undangan. Kadang untuk menghemat budget kita memilih tempat membuat undangan contoh di pasar Tebet. Beberapa memang ada yang bagus, namun kita musti benar2 cermat karma terkadang mereka sedikit ceroboh, khususnya dalam penulisan. Selain itu kadang mereka suka molor dan harus selalu diingatkan. Ingat kartu undangan juga mencerminkan dan mewakili pribadi kita.

· Memesan souvenir; Pastikan bahwa souvenir yang dipesan sudah sesuai dengan keinginan, periksa nama dan tanggal pernikahan yang tercetak di souvenir. Jangan bosan hunting souvenir di pasar2 tradisional. Yang lumayan terkenal adalah Pasar Jatinegara dan Pasar Pagi Mangga Dua.

· Melakukan perawatan tubuh; Biasanya di salon-salon sering menawarkan paket perawatan pre-wedding. Mulai dari rambut, badan sampai area pribadi. Jika budget terbatas bisa kok creambath dan luluran sendiri.

· Memesan atau membuat kebaya/gaun dan jas; biasanya beberapa bridal menawarkan paket pernikahan sekalian dengan gaun/kebaya. Tergantung mau tradisional atau international. Untuk menghemat budget, lebih baik kita menyewa saja. Namun jika ada budget lebih, kita bisa membuat. Jika membuat supaya tidak mubazir karma hanya dipakai sekali, buatlah kebaya atau gaun yang sophisticated, sehingga tetap bisa dipakai nantinya untuk ke pesta.

· Memesan cincin kawin; Jangan bosan untuk hunting model cincin kawin dari toko ke toko dan membandingkan harga emas dari satu toko ke toko yang lain. Pastikan modelnya timeless dan memang suka, karma cincin tsb akan dipakai terus. Dan buatlah satu ukuran lebih besar, karma biasanya setelah menikah, berat badan kita akan bertambah.

 

Dan yang terpenting dari semuanya adalah hati dan mental kita. Karna pernikahan bukanlah tentang pesta yang kita gelar untuk menjamu tamu tamu kita. Namun mengenai kita menghadapi dunia yang baru, benar2 baru ^^

About these ads

Comments on: "Persiapan pernikahan" (2)

  1. Lina, setelah persiapan untuk hari H udah OK, jangan lupa ya….persiapan ajaran Guru Ferry untuk dipraktekan. hehehhe….Nanti akan gw kasih dech buku pedomannya dari Ferry. Hahahaha……..
    Good luck…

  2. lovelylina said:

    Ajaran guru Ferry, biar kayak lo ya ^^. Jangan lupa kitab bergilirnya diturunin ke gw yah haahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: